PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, MOTIVASI KERJA, DAN SISTEM PENGGAJIAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN TOKO BUKU GRAMEDIA KEDIRI
Author (Penulis)
DESI RATNASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0024
Abstract
ABSTRAKSI
Desi Ratnasari : “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja dan Sistem Penggajian Terhadap Kinerja Karyawan Toko buku Gramedia Kediri”.Skripsi, Menejemen, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja, dan Sistem Penggajian dan Kinerja Karyawan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketercapaian kinerja yang belum optimal. Pada dasarnya kinerja seorang karyawan sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal dari seorang karyawan itu sendiri. Adapun faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang mana dapat berpengaruh terhadap produktivitas kerja, Sedangkan faktor eksternal yaitu merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang yang juga berpengaruh terhadap produktivitas kerja seseorang tersebut. Dalam penelitian ini yang merupakan penelitian kuantitatif dimana peneliti ingin meneliti kinerja dari karyawan di toko buku Gramedia Kediri dengan menggunakan 3 variabel bebas yaitu tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan sistem penggajian terhadap kinerja karyawan toko buku Gramedia Kediri.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 20.0 diperoleh variabel tingkat pendidikan dengan taraf signifikan 0.035 <0,05 ini berarti hipotesis pertama yang menyatakan ada pengaruh antara tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan diterima, variabel motivasi kerja diperoleh taraf signifikan 0,000 <0,05 ini berarti hipotesis kedua yang menyatakan ada pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, variabel sistem penggajian diperoleh taraf signifikan 0,033<0,05 ini berarti hipotesis ketiga yang menyatakan ada pengaruh antara sistem penggajian terhadap kinerja karyawan, diterima. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh F hitung variabel sebesar 31.570 dengan taraf signifikan 0,000<0,05 ini berarti bahwa variabel tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan sistem penggajian yang diberikan bersama – sama secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan sistem penggajian berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan lebih menitik beratkan pada tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan sistem penggajian. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh pegawai tersebut diperoleh data bahwa pegawai memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan yang mereka laksanakan. Sehingga dengan kualitas tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan sistem penggajian akan dapat meningkatkan kinerja karyawan.