PENGARUH LOKASI, KUALITAS LAYANAN DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ANDRIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0023

Abstract

ABSTRAK Andriyani : Pengaruh Lokasi, Kualitas Layanan dan Penetapan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret di Kota Kediri , Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi, UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Lokasi, Kualitas Layanan dan Penetapan Harga dan Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan yang waralaba yang bermunculan baik dari tradisional maupun modern namun persaingan bisnis retail memerlukan strategi yang kompeten dalam mengahdapi persaingan global. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, kualitas layanan dan penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan mini market Indomaret baik secara parsial maupun simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lokasi, kualitas layanan, penetapan harga dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah loyalitas pelanggan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling puposive, dari 75 responden diambil dari 3 Indomaret di Kota kediri untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel lokasi, kualitas layanan dan penetapan harga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indomaret. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (lokasi, kualitas layanan dan penetapan harga) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan nilai adjusted R square sebesar 0,376, yang berarti variabel bebas mampu menjelaskan variasi perubahan variabel terikat sebesar 36,7% dan sisanya sebesar 63,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI