Pengaruh Produk, Promosi, Lokasi dan Proses Terhadap Keputusan Konsumen Yang Menabung Pada PT. Bank Jatim Cabang Kediri
Author (Penulis)
EKA SUKMA FITRI CAHYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0016
Abstract
ABSTRAK
Eka Sukma Fitri Cahyani: Pengaruh Produk, Promosi, Lokasi dan Proses terhadap Keputusan Konsumen yang Menabung di PT. Bank Jatim Cabang Kediri, Skripsi, Manajamen, FE UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel produk, promosi, lokasi dan proses terhadap variabel keputusan menabung secara parsial dan simultan.
Penelitian ini bersifat survei yang dilakukan di PT. Bank Jatim Kantor Cabang Kediri. Jenis sumber data adalah data primer dengan mengambil sampel dari responden nasabah PT. Bank Jatim KC Kediri dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 100 responden nasabah serta dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas menggunakan software SPSS versi 20.
Hasil penelitian didapat nilai R squre sebesar 0,935 menunjukkan bahwa 93,5% variabel bebas (X1, X2, X3 dan X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat (Y), sedangkan sisanya 6,5% keputusan konsumen dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar penelitian. Melalui analisi uji t, masing-masing variabel X memiliki nilai t-hitung > t-tabel, dimana yang memiliki nilai t hitung tertinggi adalah variabel Lokasi (X3) yaitu sebesar 3,214 (32,14%) dan nilai t hitung terendah adalah variabel Produk (X4) yaitu sebesar 2,090 (20,90%). Sedangkan hasil analisis uji F menunjukkan bahwa F-hitung > F-tabel dengan nilai 357,902 > 2,47 yang berarti variabel X (Produk, promosi, tempat, proses, dan bukti fisik) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.
Kata kunci : keputusan menabung, produk, promosi, lokasi, proses.