PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI CV AGUNG PUTRA MOTOR KEDIRI
Author (Penulis)
AMY SURYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0015
Abstract
ABSTRAK
Amy Suryanto, 12.1.02.02.0015 : Pengaruh promosi, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di CV Agung Putra Motor Kediri, Skripsi, Manajamen, Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Promosi, Kualitas Layanan dan Lokasi. Nilai R squre 0.646. Uji F 28,037.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel promosi, kualitas layanan dan lokasi berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di CV Agung Putra Motor Kediri.
Penelitian ini bersifat survei yang dilakukan di CV Agung Putra Motor Kediri. Jenis sumber data adalah data primer dengan mengambil sampel dari responden konsumen CV Agung Putra Motor Kediri dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang meliputi Observasi, wawancara dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 50 responden konsumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling serta dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas menggunakan software SPSS versi 20.
Hasil penelitian didapat nilai R squre sebesar 0.646 menunjukkan bahwa 64.6%. variabel bebas (X1, X2, X3 dan X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya 35,4%. Keputusan pembelian dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar penelitian. Melalui analisi uji t, masing-masing variabel X memiliki nilai t-hitung > t-tabel, dimana yang memiliki nilai t hitung tertinggi adalah variabel Lokasi yaitu sebesar 8,121 (81,21%) dan nilai t hitung terendah adalah variabel Promosi yaitu sebesar 2,715 (27,15%). Sedangkan hasil analisis uji F menunjukkan bahwa F-hitung > F-tabel dengan nilai 28,037> 2,807yang berarti variabel X (Promosi, kualitas layanan dan lokasi) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.