PENGARUH PROMOSI, DESAIN PRODUK, DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE MERK OPPO DI KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI APRILINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0013

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, desain produk dan fitur produk terhadap keputusan pembelian smartphone merk OPPO di Kediri baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah maupun sedang menggunakan smartphone merk OPPO di Kediri. Sampel ditentukan dengan insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan dengan regresi linier berganda diperoleh nilai F hitung 62,674 dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan secara simultan promosi, desain produk dan fitur produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merk OPPO di Kediri karena tingkat signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Melalui uji t (parsial) diketahui bahwa variabel promosi dengan nilai signifikansi 0,036 (< 0,005), variabel desain produk sebesar 0,000 (< 0,005), dan variabel fitur produk sebesar 0,023 (< 0,005) dalam mempengaruhi keputusan pembelian smartphone merk OPPO di Kediri. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone merk OPPO di Kediri. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel promosi, desain produk dan fitur produk memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kesimpulan, maka penulis menyarankan bagi perusahaan dalam meningkatkan perkembangan usaha dengan melakukan evaluasi secara terus menerus serta memperhatikan keinginan konsumen yang selalu berubah. Kata Kunci : Promosi, Desain Produk, Fitur Produk, Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI