Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Kacang di UD. Tidar


Author (Penulis)

AKMALA JIHAN MUQOROBIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0011

Abstract

ABSTRAK Akmala Jihan M. : “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Kacang di UD. Tidar.” (Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi, UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin pesat sejalan mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju. Menunjukkan pada sektor swasta yang bergerak dalam bidang usaha produksi maupun jasa. Dengan hal ini mengharuskan para pengusaha untuk selalu mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dan semaksimal mungkin mencari teknik-teknik baru serta cara-cara untuk meningkatkan volume penjualan. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Roti Kacang di UD. Tidar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah harga, kualitas produk, saluran distribusi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah volume penjualan. Metode dalam pengambilan sampel adalah menggunakan teknik random sampling, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi 52 responden konsumen untuk di jadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk skala linkert. Teknik analisis yang di gunakan adalah analisis linear berganda dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu metode uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan korelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji parsial (t) dan uji simultan (f) menggunakan software SPSS. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk, berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan dan untuk variabel saluran distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (harga, kualitas produk, dan saluran distribusi) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Dengan nilai adjusted R square sebesar 0,950, yang berarti variabel bebas mampu menjelaskan variasi perubahan variabel terikat sebesar 95% dan sisanya sebesar 5% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, dan Volume Penjualan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI