ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TIKET PADA PT. WAHYU ENTERPRISE TOUR AND TRAVEL


Author (Penulis)

NURUL PARAMITA FEIBRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.01.0241

Abstract

ABSTRAK Nurul Paramita Feibriani :Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tiket Pada PT. Wahyu Enterprise Tour And Travel, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Sistem, Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tanggung jawab yang dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan, khususnya pada bagian penjualan. Dimana penjualan merupakan pilar utama dari suatu perusahaan dan penjualan juga termasuk dari faktor sumber terjadinya pendapatan. Tanggung jawab dari seorang karyawan haruslah dijunjung tinggi, karena hal tersebut sangat diperlukan demi kelancaran kegiatan yang dijalankan pada suatu perusahaan. Berkaitan dengan hal penjualan, permasalahan juga timbul pada PT. Wahyu Enterprise Tour And Travel, disini pada bagian staf penjualan didapati bahwa ada karyawan yang bekerja lebih dari satu bagian. Pada staf penjualan, bagian ini bekerja untuk menerima order penjualan sekaligus juga bekerja untuk menerima kas masuk dari pelanggan. Dengan adanya karyawan yang bekerja lebih dari satu bagian maka akan menyebabkan tanggung jawab dari suatu pekerjaan akan terabaikan sehingga menimbulkan tingkat kecurangan pada suatu sistem penjualan semakin tinggi, selain itu kesalahan dalam pencatatan pun bisa saja terjadi. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan tiket pada perusahaan yang bergerak dibidang tour and travel PT. Wahyu Enterprise ? (2) Apakah sistem informasi akuntansi penjualan tiket yang dilaksanakan pada perusahaan yang bergerak dibidang tour and travel PT. Wahyu Enterprise telah mampu menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan tiket pada PT. Wahyu Enterprise Tour And Travel telah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi masih perlu adanya perbaikan berkaitan dengan sistem yang dimiliki seperti bagan alir atau prosedur pembentuknya. Saran dari peneliti ini dikhususkan pada PT. Wahyu Enterprise Tour And Travel, diharapkan pihak perusahaan untuk menambah karyawan pada bagian kantor hal ini dilakukan agar tidak ada perangkapan fungsi bagi masing-masing bagian sehingga pekerjaan pun akan dapat diselesaikan secara tepat waktu.Selain itu agar melakukan perbaikan sistem dengan cara pembuatan web resmi milik perusahaan sendiri untuk mendukung kegiatan dalam penjualan tiket serta mempermudah pelanggan dalam bertransaksi, sehingga pelanggan tidak harus datang ke kantor untuk melakukan transaksi penjualan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI