PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi , Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2014)


Author (Penulis)

WIDYA KHARISMA BETHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.01.0218

Abstract

Abstrak Widya Kharisma Bethari: Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Periode 2011-2014, Skripsi, Akuntansi, FE UN PGRI Kediri 2016. Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) , Ukuran Dewan komisaris), Profitabilitas , dan Leverage . Tanggung Jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility pada dasarnya adalah sebuah kebutuhan bagi korporat untuk dapat berinteraksi dengan komunitas loal sebagai bentuk masyarakat secara keseluruhan. Penerapan Corporate Social Responsibility oleh perusahaan dapat di wujudkan dengan pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) yang disosialisasikan ke public dalam laporan tahunan (annual report) perusahaan. Sebagaimana tertulis pada PSAK No.1 Paragraf 9 yang menyatakan bahwa perusahaan dapat pula menyajikan laporan tambahan seperti laporan mengenai lingkungan hidup dan laporan nilai tambah. Khususnya bagi industri, faktor faktor lingkungan hidup memegang peranan penting dan bagi industri yang menganggap pegawai sebagai kelompok pengguna laporan yang memegang peranan penting. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI? (2) Apakah Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI?? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 10 perusahaan manufaktur dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini adalah (1) Ukuran Dewan Komisaris dan Profitabilitas, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI, sedangkan Leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, dan Leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sebaiknya perusahaan mengungkapkan CSR nya, karena dari CSR membuktikan bagaimana kepedulian perusahaan terhadap lingkungan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI