PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, DAN KETEGASAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

WIJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.01.0206

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, dan ketegasan sanksi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN).Riset ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung.Populasi dalam penelitian ini adalah 1290 wajib pajak PPN yang efektif terdaftar di KPP Pratama Tulungagung tahun 2015.Sampel dalam penelitian ini adalah 93 wajib pajak PPN di KPP Pratama Tulungagung dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode propotional sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi.Teknik analisis data yang dipakai dalam riset ini adalah regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis maka dapat diketahui bahwa kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, dan ketegasan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan pada tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada KPP Pratama Tulungagung. Kata Kunci:Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Ketegasan Sanksi Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI