PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, DAN KETEGASAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
WIJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.01.0206
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, dan ketegasan sanksi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN).Riset ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung.Populasi dalam penelitian ini adalah 1290 wajib pajak PPN yang efektif terdaftar di KPP Pratama Tulungagung tahun 2015.Sampel dalam penelitian ini adalah 93 wajib pajak PPN di KPP Pratama Tulungagung dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode propotional sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi.Teknik analisis data yang dipakai dalam riset ini adalah regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis maka dapat diketahui bahwa kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, dan ketegasan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan pada tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada KPP Pratama Tulungagung.
Kata Kunci:Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Ketegasan Sanksi Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak.