EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN (Studi Kasus pada CV. Medali Emas Kediri)


Author (Penulis)

M. ALI MAHFUD
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.01.0203

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan pada CV. Medali Emas telah efektif sehingga dapat menunjang pengendalian internal.

Teknik analisis yang digunakan  adalah mengumpulkan data dan informasi tentang sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan yang diterapkan pada CV. Medali Emas, mengidentifikasi sistem pengendalian internal dalam sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan, kemudian evaluasi terhadap sistem pengendalian internal penggajian dan pengupahan yang diterapkan pada CV. Medali Emas, menyimpulkan adanya kelebihan atau kelemahan dalam sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan yang diterapkan pada CV. Medali Emas, memberikan saran terhadap kelemahan yang ada pada sistem pengendalian internal dalam  sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan yang ada pada CV. Medali Emas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan CV. Medali Emas yang digunakan sudah baik namun masih ditemukan beberapa celah yang perlu di perbaiki yaitu celah pada tugas ganda yang di tanggung oleh bagian administrasi yang seharusnya terpisah dengan bagian personalia yang akan rentan kecurangan Hal ini dilihat berdasarkan hasil pengecekan unsur – unsur pokok sistem pengendalian internal penggajian dan pengupahan serta prosedur yang membentuk sistem penggajian dan pengupahan pada perusahaan, yang diterapkan, sehingga dapat diketahui kekurangannya. Untuk meningkatkan kontrol sistem pengupahan dan penggajian CV. Medali Emas Kediri seharusnya perlu adanya penambahan Sumber Daya Manusia yang menempati fungsi yang belum ada seperti fungsi personalia, fungsi akuntansi dan fungsi keuangan.

 

KATA KUNCI : Sistem Pengendalian Internal, Penggajian, Pengupahan


Keyword

Sistem Pengendalian Internal, Penggajian, Pengupahan

Reference

Baridwan, Zaki. 2010. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: BPFE.

Danim, Sudarwan. 2013. Manajemen Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade