MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A TK KM IX BADAS


Author (Penulis)

MARIA ULFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0625P

Abstract

Maria Ulfa. 2014. “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Menggunakan Metode Bercerita Melalui Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok A TK KM IX Badas Kabupaten Kediri .” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi S1 PG PAUD, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Sa;ah satu bentuk awal pendidikan formal yang dikenalkan oleh anak adalah Taman Kanak-kanak (TK). Sifat kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak adalah pemebntukan perilaku melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari. Kondisi yang terjadi di TK Kusuma Mulia IX Sumbersari Badas adalah kurang berkembangnya kemampuan bahasa pada anak khusunya pada anak kelompok A. dari 16 anak didik yang ada di kelompok A TK Kusuma Mulia IX Sumbersari Badas, hanya 5 anak yang mendapatkan hasil penilaian ?3, sendangkan 10 anak yang mendapatkan nilai ?2. Penilaian tersebut diambil berdasarkan minat, kemampuan berbicara, keberanian dan keaktifan anak dalam kegiatan brcerita. Dari latar belakang tersebut maka guru ingin mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dialkukan sebanyak 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu : Tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisa terhadap hasil kegiatan peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media boneka jari pada Siklus I diperoleh hasil anak yang belum berkembang, keaktifan dan konsetrasi anak yang masih kurang dan prosentase dari keseluruhan kegiatan hanya mencapai 62,89%, pada Siklus II telah mengalami peningkatan 71.80% dan pada Siklus III ini kelseluruhan anak menunjukkan peningkatan berkomunikasi dengan baik saat bertanya dan menjawab pertanyaan. Kemadirian anak serta keaktifan mengalami peningkatan. Dalam siklus III dengan rata-rata mencapai ketuntasan 83,8%. Berdasarkan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita menggunakan media boneka jari dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK Kusuma Mulia IX Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI