MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK BPPI COKROAMINOTO PARE TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
MAY MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0623P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa keterampilan berbicara peserta didik masih sangat kurang dan peserta didik kurang berminat dan mudah merasa bosan terhadap pelajaran bahasa. Sehingga suasana kelas menjadi pasif dan membosankan, salah satu sarana untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik adalah melalui metode sosiodrama.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “Apakah melalui metode sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok A TK BPPI Cokroaminoto Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ?”
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK BPPI Cokroaminoto Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013 / 2014 yang berjumlah 15 siswa/siswi terdiri dari 8 siswi dan 7 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi 3 tahapan, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi / pengamatan, (4) refleksi. Sedangkan metode yang dipakai yaitu metode sosiodrama, untuk instrumen penelitian adalah unjuk kerja.
Dari hasil analisis terbukti bahwa (1) pada siklus I berhasil mencapai prosentase sebesar 46,6%, (2) pada siklus II berhasil mencapai 53,3%, (3) pada siklus III berhasil mencapai 86,6% sehingga terlihat dengan jelas adanya kenaikan dari siklus I sampai siklus III.
Sehingga dapat diidentifikasikan bahwa hipotesis yang berbunyi “Pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok A TK BPPI Cokroaminoto Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013 / 2014” dapat diterima.