MENGEMBANGKAN KEMAMPUANKOGNITIF MELALUIKEGIATAN PERMAINAN BOWLING ANGKA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK ATK SALAFIYAH KECAMATAN BADASKABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

LAILATUL MASRUROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0612

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif anak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum berkembang dalam kemampuan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok Ayang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa teknik penilaian atau teknik pengumpulan data, lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak. Hasil penelitian tindakan pada anak didik mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 52,2 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 66,25 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi87,5 % yang dikategorikan baik melebihi kriteria yang ditetapkan sebesar 75 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan bowling angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak TK Salafiyah Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016, sehingga tindakan penelitian sebelum dan sesudah dilakukan penerapan permainan bowling angka mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: 1) Bagi Lembaga hendaknya menyediakan media permainana bowling angka yang bervariasi warnanya dengan kualitas yang baik dan jumlah yang memadai mengingat permainan bowling angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak; 2) Bagi orangtua yang menghadapi masalah kemampuan kognitif pada anak dikehendaki untuk ikut serta memanfaatkan kegiatan permainan bowling angka untuk mengatasi masalah tersebut; 3) Bagi peneliti selanjutnya supaya melaksanakan pendekatan lebih lanjut tentang pemainan bowling angka dan hendaknya menentukan atau memilih indikator dari kompetensi dasar yang benar-benar diterapkan dengan pendekatan lebih lanjut tentang teknik pemainan bowling angka, sehingga memperoleh hasil yang optimal dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI