MENGEMBANGKA KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TUTIK MUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0595

Abstract

ABSTRAK TUTIK MUJIATI : Mengembangkan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok A TK Al Hidayah Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara pada kelompok A TK Al Hidayah kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung masih rendah / belum berkembang. Dari 17 anak yang mendapat bintang 1 = 4 anak (23,52%) , bintang 2 = 6 anak (35,29%) , bintang 3 = 7 anak (41,17 %) , bintang 4 = 0 (0 %) , dengan prosentase ketuntasan belajar anak 41,17 %. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah melalui penggunaan metode cerita bergambar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada kelompok anak A TK Al Hidayah Samir kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung ajaran 2015/2016?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Al Hidayah Samir. Tindakan yang diterapkan untuk pembelajaran berbicara anak kelompok A TK Al Hidayah Samir kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung ini adalah metode cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPH, lembar observasi belajar anak dan lembar observasi kegiatan guru. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (58,82%), siklus II (70,58%), siklus III (94,11%). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui metode cerita bergambar dalam pembelajaran kemampuan berbicara anak kelompok A TK Al Hidayah Samir- Ngunut-Tulungagung meningkat. Kata Kunci : kemampuan berbicara, metode cerita bergambar, anak kelompok A

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI