MEMGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN SIRKUIT KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK PULEREJO 02 KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

ULFA KRISTINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0593

Abstract

Abstrak ULFA KRISTINAWATI: Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Sirkuit Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B TK PKK Pulerejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar, Skripsi, PG- PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK PKK Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar, masih belum berkembang secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan sirkuit kata dengan media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK PKK Pulerejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengembangan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK PKK Pulerejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 18 anak didik pada TK PKK Pulerejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 88,89% pada siklus II. Instrumen yang digunakan berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas anak. Simpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Ketuntasan kemampuan dalam membaca permulaan anak pada pratindakan sebesar 27,78%. (2) Pada siklus I ketuntasan kemampuan membaca permulaan pada anak mencapai 66,67%. (3) Pada siklus II ketuntasan kemampuan membaca permulaan pada anak mecapai 88,89%. (4) Perbandingan prosentase ketuntasan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK PKK PULEREJO 02 dari kondisi awal 27,78% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 88,89% dan diketahui adanya peningkatan sebesar 61,11%. Dengan demikian pembelajaran melalui permainan sirkuit kata dengan media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK PKK Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar, sehingga hipotesis diterima. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, sirkuit kata, media kartu bergambar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI