MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK PERWANIDA I KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
ANIK PRANTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0590P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan pembelajaran bahasa khususnya menyimak masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak didik Kelompok B di TK Perwanida I Kelurahan Mrican Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik TK Perwainda I sejumlah 26 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: kesimpulan pada Siklus I (1) Kelompok Belum Mampu 15,39%, (2) Kelompok Cukup Mampu 46,16%, (3) Kelompok Mampu 15,39%, (4) Kelompok Sangat Mampu 19,23%. Kesimpulan pada Siklus II (1) Kelompok Belum Mampu 15,39%, (2) Kelompok Cukup Mampu 23,08%, (3) Kelompok Mampu 26,93%, (4) Kelompok Sangat Mampu 34,62%. Kesimpulan pada Siklus III (1) Kelompok Belum Mampu 3,85%, (2) Kelompok Cukup Mampu 15,39%, (3) Kelompok Mampu 34,62%, (4) Kelompok Sangat Mampu 46,16%, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.