MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF MELALUI PERMAINAN DADU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A RA AL-MUWAZANAH GONDANG PLOSOKLATEN KEDIRI
Author (Penulis)
UMI SAFAQOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0582
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan bahasa khususnya pembelajaran membaca huruf di Usia Dini masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari belajar anak didik yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah permainan melempar dadu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf pada anak usia dini?”
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak dikelas A RA AL-Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga Siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, Observasi aktivitas anak didik, Lembar Observasi aktivitas guru.
Kesimpulan penelitian ini adalah pada siklus I ketuntasan kemampuan membaca huruf mencapai 50% yang dikategorikan kurang, siklus II ketuntasan kemampuan membaca huruf mencapai 70% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III ketuntasan kemampuan membaca huruf mencapai 95% yang dikategorikan baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kegiatan permainan melempar dadu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf anak pada kelompok A RA AL-Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.
Kata kunci: Kemampuan membaca huruf, pemainan dadu bergambar.