MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA GAMBAR BUATAN SENDIRI PADA KELOMPOK B DI RA. AL KAUTSAR PONGGOK BLITAR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUTAWADIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0576

Abstract

Abstrak Mutawadiah. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Media Gambar Buatan Sendiri Pada Kelompok B di RA Al-Kautsar Ponggok Blitar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. PG PAUD, FKIP, UN PGRI Kediri Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran anak usia dini di RA Al-Kautsar Kebonduren Ponggok masih ada beberapa yang mengalami kesulitan dalam kelancaran berbicara. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan keterampilan berbicara setelah melalui penerapan metode menggambar bebas pada RA Al-Kautsar Ponggok. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak RA AL KAUTSAR Kebonduren Ponggok Blitar. Peneliti dilaksanakan dalam 3 siklus menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, Lembar Observasi aktifitas anak. Lembar observasi aktifitas guru, Kuisioner, Motivasi belajar, dan tes hasil belajar anak. Kesimpulan hasil Peneliti ini adalah (1) Hasil kemampuan anak sebelum diterapkan metode menceritakan gambar yang dibuat sendiri sangat rendah, hal tersebut dapat dilihat dari 23 anak hanya 7 anak yang bisa melaksanakan tugas sampai selesai, sedangkan 16 anak yang lain melaksanakan tugas akan tetapi masih dengan bantuan guru. (2) Kegiatan bercerita dengan media gambar buatan sendiri dilakukan dalam tiga siklus. Hasil pada siklus I prosentase kemampuan bercerita anak sebesar 56,53% dan hasil pada siklus II sebesar 65,72%. (3) Ketuntasan anak dalam kegiatan bercerita dengan media gambar yang dibuat sendiri selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil akhir bercerita anak pada siklus III sebesar 91,30%. (4) Perbedaan kemampuan anak sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan bercerita dengan media gambar yang dibuat sendiri sebesar 60,87%, sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan bercerita anak. Berdasarkan analisis dan penelitian dan pembahasan maka diperoleh hasil bahwa metode menceritakan gambar buatan sendiri untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses pembelajaran, guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran metode menceritakan gambar buatan sendiri sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik anak. Kata Kunci : keterampilan berbicara, media gambar buatan sendiri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI