MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN MELOMPAT BENTUK DIKELOMPOK A TK. DHARMA WANITA I PANGGUNG DUWET KADEMANGAN BLITAR
Author (Penulis)
RIKA ELOK RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0561
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran kognitif di Taman Kanak-kanak yaitu kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri masih kurang.Faktor penyebabnya adalah rendahnya minat anak karena kurangnya media yang menarik sehingga anak tidak antusias dan kurang fokus dalam pembelajaran yang disampaikan.Selain itu, kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui permainan melompat bentuk geometri terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri di kelompok A TK DHARMA WANITA I panngungduwet Kademangan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK DHARMA WANITA I Panggungduwet Kademangan Blitar tahun ajaran 2015/2016,yang berjumlah 20 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan prosedur umum yang meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah RPPM, RPPH, Lembar Penilaian anak dan Lembar Observasi Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan permainan melompat bentuk terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK DHARMA WANITA I Panggungduwet Kademangan Blitar Tahun ajaran 2015/2016.Terlihat dari prosentase rata-rata kemampuan anak yang tuntas belajar dalam siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 65% dan siklus III mencapai 85%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) bagi guru, harus selalu kreatif dalam pembuatan media pembelajaran (2) bagi lembaga pendidikan TK DHARMA WANITA I Panggungduwet untuk menambah alat permainannya dengan papan melompat bentuk geometri. Kata kunci: Kemampuan mengenal bentuk geometri, Permainan melompat bentuk