MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MENGGUNAKAN MEDIA AMPAS KELAPA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA BLITAR


Author (Penulis)

SRI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0560

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode yang sangat menarik dapat dilaksanakan selama para pendidik mampu dalam mempersiapkan pembelajarannya secara kreatif, inovatif dan terpadu dalam program pengembangan kemampuan dasar yaitu bidang pengembangan kognitif. Metode Pengenalan Angka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak PAUD Bina Bangsa Blitar. Pada umumnya anak taman kanak-kanak seringkali mengalami kesulitan dalam menerapkan media ampas kelapa tersebut. Hal serupa terjadi pada anak PAUD Bina Bangsa Blitar dikarenakan kreativitas guru dalam menggunakan kegiatan pembelajaran pada anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media ampas kelapa dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 3 sampai 4 tahun di PAUD Bina Bangsa Blitar Tahun Ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun PAUD Bina Bangsa Blitar sebanyak 17 terdiri dari 5 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dalam setiap siklus yang di dalamnya berisi serangkaian kegiatan yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap, pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPPM, RPPH lembar penilaian anak, dan lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar mengenal angka dengan media ampas kelapa 52,94% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 64,71 % serta siklus III mencapai lebih dari 75 % yaitu 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran mengenal angka melalui ampas kelapa terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Bina Bangsa Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan skripsi ini saran bagi guru PAUD Bina Bangsa hendaknya dalam mengembang kemampuan mengenal angka dapat menggunakan media ampas kelapa agar pembelajaran lebih menarik bagi anak. Bagi para orang tua, sebaiknya menyediakan media pembelajaran seperti media gambar ampas kelapa atau media-media yang lain yang ada di rumah, Agar anak-anak mereka nantinya menjadi pribadi yang berpikir cerdas sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagi lembaga PAUD khususnya PAUD Bina Bangsa Desa Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar untuk menambah media-media pembelajaran yang menarik, agar dalam kegiatan belajar anak merasa senang, misalnya media ampas kelapa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI