MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA PAPAN MAGNET PADA ANAK USIA DINI DI KB BINA BANGSA DESA KRENCENG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

UMI NAFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0559

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf di Kelompok Bermain Bina Bangsa Desa Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016 masih kurang. Hal ini terlihat dari data pra penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak usia dini di KB Bina Bangsa Desa Krenceng masih menunjukkan hasil yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak didik di KB Bina Bangsa Desa Krenceng, KecamatanNglegok, Kabupaten Blitar yang berjumlah 26 anak yang terdiri atas 15 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penilaian unjuk kerja anak, sehingga instrumen berupa lembar observasi dan lembar unjuk kerja anak. Hasil penelitian tindakan pada anak didik mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 41,35% dikategorikan kurang, siklus II mencapai 57,69% dikategorikan cukup, dan siklus III mencapai 70,9% yang dapat dikategorikan baik. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu penerapan media papan magnet dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini di KB Bina Bangsa Desa Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016 sehingga tindakan penelitian sebelum dan sesudah dilakukan penerapan media papan magnet mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru hendaknya senantiasa melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran dan memanfaatkan media-media yang menyenangkan bagi anak didik. (2) Lembaga hendaknya lebih memfasilitasi kegiatan pembelajaran. (3) Kepala Sekolah hendaknya mampu bekerja sama dengan para guru dan wali murid. (4) Orang tua hendaknya senantiasa mendukung kegiatan pembelajaran. (5) Peneliti lain hendak melakukan penelitian sejenis lebih memaksimalkan kegiatan dan menambah kreativitas sehingga hasil penelitian ini lebih sempurna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI