MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOKOMOTOR MANIPULATIF PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN AL-IHSAN KIDS DESA PELEM KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRITAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
ELY AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0555
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Dalam mengamati kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di Kelompok Bermain Al-Ihsan Kids Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, peneliti melihat beberapa hal yang menarik diantaranya dalam menerangkan kegiatan yang anak akan lakukan guru kurang memberikan penjelasan secara terperinci dan beberapa anak kurang mengerti apa yang guru harapkan. Dalam pemakaian alat peraga yang guru gunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang menarik minat anak dan alat yang digunakan monoton . Dalam kegiatan pengembangan kemampuan fisik motorik kasar anak, kurang diminati anak.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Penerapan Permainan Lokomotor Manipulatif dalam Pembelajaran dapat Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok Bermain Al-Ihsan Kids Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok Big Group pada Kelompok Bermain Al-Ihsan Kids Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja dan hasil observasi pembelajaran yang disampaikan oleh peneliti.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) tujuan permainan lokomotor manipulatif ini adalah sebagai salah satu alternatif kegiatan pengembangan kemampuan fisik motorik kasar. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak, pemberian contoh permainan, aturan-aturan yang jelas mengenai permainan. (2) penggunaan alat peraga yang variatif akan dapat mendorong minat anak untuk bermain.