MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI KEGIATAN PERMAINAN KOREK API PADA ANAK KELOMPOK A TK PKK PAPAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
SEPTIANA WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0552P
Abstract
Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek dari perkembangan Anak Usia Dini. Perkembangan sosial emosional anak dimulai dari dirinya sendiri, konsep diri dan kontrol diri kemudian secara bertahap menuju kearah berinteraksi dengan orang lain.
Permasalahan yang dihadapi oleh peneliti adalah sikap anak di kelompok A TK PKK Papar yang masih asik bermain sendiri, anak tidak konsentrasi pada pembelajaran yang diberikan oleh guru. Mereka cepat merasa bosan dan lebih suka berbicara dengan teman yang lain kurang memperhatikan guru saat menyampaikan kegiatan pembelajaran. Sedangkan tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa melalui permainan batang korek api dapat mengembangkan sosial emosional anak kelompok A di TK PKK Papar tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah anak pada kelompok A di TK PKK Papar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 22 anak, sedangkan data yang diperoleh berupa hasil karya anak yang dibuat melalui permainan batang korek api.
Dari hasil penelitian tindakan didapatkan hasil sebagai berikut : pada siklus perkembangan sosial emosional anak sebesar 68,18%, kemudian pada siklus II mencapai 72, 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan batang koreak api dapat meningkatkan sosial emosional anak pada kelompok A di TK PKK Papar tahun ajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui kegiatan permainan korek api dapat dibuktikan kebenaranya untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok A TK PKK Papar Tahun Pelajaran 2013/2014.