MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B 3 TK NEGERI PEMBINA KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

EMILLA FAUZIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0544P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan penjumlahan pada anak, hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang pasif, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien dan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga dalam proses pembelajaran anak merasa bosan. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru. Hasil penilaian anak pada kemampuan penjumlahan melalu permainan ular tangga dari setiap aspek yang diamati pada siklus I dengan nilai 48,1%, pada siklus II dengan nilai 70,4%, dan siklus III 88,9%. Dan dapat dinyatakan bahwa kemampuan pejumlahan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Kediri sudah berhasil Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui media ular tangga dapat dibuktikan kebenarannya untuk menigkatkan kemampuan penjumlahan pada anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI