MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA LIDI PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SEPAWON KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

FAJAR DWI HASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0541P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran motorik halus pada anak TK kelompok A masih mengalami kesulitan. Akibatnya kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil pengembangan kemampuan motorik halus anak yang belum memuaskan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Anak belum mampu mengembangkan kemampuan kemampuan motorik halus khusunya dalam hal kolase (2) Anak kurang memperhatikan jika diterangkan oleh guru (3) Metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak dalam hal kegiatan kolase. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelas A TK Dharma Wanita Sepawon. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa rencana pembelajaran, lembar kegiatan anak, format observasi anak, format observasi guru, lembar hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan kolase pada anak memiliki dampak positif dengan meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A pada TK Dharma Wanita Sepawon Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri (2) Penerapan pembelajaran kolase dengan media lidi dapat meningkatkan kreatifitas anak ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar yang selalu mengalami peningkatan dalam setiap siklus, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci : Motorik halus, Kolase, Lidi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI