MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA SLUMBUNG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

SITI AMINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0540P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan motorik kasar anak, hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang pasif, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien dan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga dalam proses pembelajaran anak merasa bosan. Kurangnya guru dalam memberikan stimulasi-stimulasi dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak. 2) Apakah dengan permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Kusuma Mulia Slumbung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru. Hasil pelaksanaan proses permainan lompat dengan tali ini menunjukkan bahwa anak mulai dapat melompat dengan baik dari siklus I, II dan siklus III semakin meningkat. Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, hasil peningkatan permainan lompat dengan tali siklus I sebesar 68,5%, siklus II sebesar 74%, dan siklus III sebesar 84%. sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut dapat mencapai ketuntasan. Maka hipotesis yang berbunyi melalui permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Kusuma Mulia Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Diterima. Dari hasil tersebut dapat dikategorikan kegiatan pembelajaran mencapai ketuntasan. Selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung interaksi antara guru dengan anak dapat ditingkatkan dengan memberi motivasi dan reward serta dengan latihan dan pembinaan melompat dengan tali, hal ini bertujuan agar proses kegiatan pembelajaran dapat tercipta suasana yang menyenangkan dan memudahkan pengembangan kemampuan motorik kasar anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI