MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MELALUI METODE MENGGAMBAR DARI BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DYAH MUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0537P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan menggambar pada anak, hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran pra siklus yang terlihat monoton, sehingga proses pembelajaran kurang efektif, efisien dan kurang menyenangkan. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui metode menggambar dari bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Kediri?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 45,8%, siklus II sebesar 66,7% dan siklus III sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Pembelajaran dengan menggunakan metode menggambar dari bentuk geometri dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan menggambar anak didik kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Kediri”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan yaitu melalui metode menggambar bentuk geometri dapat dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak Kelompok B-2 TK Negeri Pembina Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI