MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MELALUI METODE MENGGAMBAR DARI BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DYAH MUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0537P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan menggambar pada anak, hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran pra siklus yang terlihat monoton, sehingga proses pembelajaran kurang efektif, efisien dan kurang menyenangkan.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui metode menggambar dari bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Kediri?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 45,8%, siklus II sebesar 66,7% dan siklus III sebesar 87,5%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Pembelajaran dengan menggunakan metode menggambar dari bentuk geometri dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan menggambar anak didik kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Kediri”.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan yaitu melalui metode menggambar bentuk geometri dapat dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak Kelompok B-2 TK Negeri Pembina Kota Kediri.