MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MORAL DAN AGAMA DALAM MENYEBUTKAN CIPTAAN-CIPTAAN TUHAN MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN PAUD ANAK SHOLEH MANGUNREJO NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
NIHAYATUL MUSRIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0535P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan nilai agama dan moral anak yang masih kurang, sehingga hasil belajar anak juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dalam menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan dapat mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral anak dengan metode karyawisata?”
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 3-4 tahun PAUD Anak Sholeh Mangunrejo Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam III siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral dalam menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan melalui metode karyawisata.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan nilai agama dan moral anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan 38,8% pada siklus I yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 49,9% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 74,9% yang dikategorikan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan melalui metode karyawisata dapat mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral anak usia 3-4 tahun PAUD Anak Sholeh Mangunrejo Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan hipotesis tersebut dapat diterima.