MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENYEBUT LAMBANG BILANGAN 1 – 10PADAANAK KELOMPOKB1 MELALUI MEDIA PICTUREFLAG DI TK PG PESANTREN BARU KECAMATANPESANTREN KOTA KEDIRI TAHUNPELAJARAN 2013-1014


Author (Penulis)

ENIKE RATNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0532P

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran dalam berhitung tidak sesuai dengan harapan guru. Karena kemampuan berhitung mempunyai obyek yang bersifat abstrak maka sangat diperlukan media permainan dalam berhitung, sedangkan dalam proses pembelajaran selama ini hanya menggunakan kata – kata lisan saja dan mengajak anak untuk berhitung dipapan tulis. Akibatnya proses pembelajaran tidak berlangsung menyenangkan pasif dan membosankan. Hal tersebut kelihatan dari kurang berminatnya anak dan ketidakmampuan anak dalam mengembangkan kemampuan berhitung. Permasalahan peneliti adalah apakah penerapan media picture flag dalam pembelajaraan dapat meningkatkan kemampuan menyebut lambang bilangan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B1 TK PG. Pesantren Baru. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terdapat hasil yang menunjukkan bahwa sebanyak 28 % dari 25 anak talah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 68 % anak yang telah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus III terdapat hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 92 % anak yang telah memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan analisa hasil penilaian yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat peningkatan prosentase ketuntasan belajar anak mulai dari siklus I, II dan III. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian yang berbunyi penerapan media picture flag pada anak dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok BI TK PG .Pesantren Baru Kediri, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI