MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KAMBINGAN KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2013/2014
Author (Penulis)
RIBAAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0527P
Abstract
Rumusan penelitian yaitu “ Benarkah melalui kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Tk Dharma Wanita KAMBINGAN Kecamatan Pagu Kabupaten. Kediri?”
Tujuan dari penelitian ini : (1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung anak sebelum menggunakan kartu angka, (2) Untuk mengetahui perbandingan kemampuan berhitung anak sebelum menggunakan kartu angka dan sesudah menggunakan kartu angka.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 15 anak dengan kartu angka. Kerangka pembelajaran yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan LKA (Lembar Kerja Anak). Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar observasi hasil belajar anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Dalam penelitian ini kemampuan berhitung mengalami peningkatan yang signifikan antara kartu angka dengan kemampuan berhitung.
Dari setiap siklus dapat diketahui bahwa dengan menggunakan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak, pada siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal bintang tiga 20%, pada siklus II mencapai 53,33%. dan pada siklus III mencapai 86,67%.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi pada kelompok B TK Dharma Wanita KAMBINGAN Kecamatan Pagu kabupaten Kediri maka dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa : dengan menggunakan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Tk Dharma Wanita KAMBINGAN Kecamatan Pagu Kabupaten. Kediri.