MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PUZZLE ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS INSAN MADANI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ENDRI SUSILO WIDOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0524

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan usia perkembangan anak, guru hanya memberikan materi melalui ceramah saja sehingga terkesan monoton, kurangnya guru dalam memberikan stimulasi-stimulasi dengan media pembelajaran yang konkret yang hanya mengandalkan buku-buku paket dan majalah, sehingga kurang memotivasi daya kreatif dan fikir anak, suasana belajar mengajar yang kurang kondusif, dimana anak kurang respon terhadap materi yang disampaikan guru sehingga membuat kondisi kelas yang terkesan tidak terkontrol. Permasalahan penelitian ini Apakah penggunaan media puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Plus Insan Madani Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK PLUS Insan Madani Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru. Hasil pelaksanaan proses pengenalan lambang bilangan ini menunjukkan bahwa anak mulai dapat mengenal lambang bilangan dengan baik dari siklus I, II dan siklus III semakin meningkat. Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, hasil ketuntasan kemampuan mengenal lambang bilangan siklus I sebesar 35%, siklus II sebesar 76,5%, dan siklus III sebesar 82,3%. sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan sebagai berikut penerapan media puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada aspek mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Plus Insan Madani Kota Kediri, maka hipotesis diterima Dari hasil tersebut dapat dikategorikan kegiatan pembelajaran mencapai ketuntasan. Selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung interaksi antara guru dengan anak dapat ditingkatkan dengan memberi motivasi dan reward, hal ini bertujuan agar proses kegiatan pembelajaran dapat tercipta suasana yang menyenangkan dan memudahkan pengembangan kemampuan kognitif anak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan tujuan pokok media puzzle angka adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Plus Insan Madani Kota Kediri. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus berupaya semaksimal mungkin melatih dan membina kepada anak, sehingga terciptanya perkembangan kognitif yang optimal. Kata kunci : Kemampuan kognitif, mengenal lambang bilangan, puzzle angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI