MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM AL - FALAH KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
NURYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0523P
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada anak didik kelompok A di TK Islam Al-Falah Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam hal ketrampilan berhitung masih rendah. Akibatnya anak kurang mampu bekerjasama dengan baik.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah Metode Bermain Kartu Angka dapat diterapkan untuk mengembangkan Kemampuan kerjasama anak kelompok A TK Islam Al-Falah Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014 ?”.
Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Islam Al-Falah Pesantren Kota Kediri ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM dan RKH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 45 % dan pada siklus II meningkat menjadi 67,5 % sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 80 %. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode bermain menggiring air dapat mengembangkan ketrampilan sosial dalam kerjasama anak didik kelompok A di TK Islam Al-Falah Pesantren. Guru hendaknya menggunakan metode bermain sebagai alternaif untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik.