MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KALENG HITUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
DYAH WISNU WERDHININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0519P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran pengembangan kognitif, khususnya pelajaran berhitung masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah pada akhirnya hasil belajarnyapun kurang maksimal.
Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah dengan media kaleng hitung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak?; (2) Apakah pembelajaran dengan media kaleng hitung dapat memudahkan dalam pengenalan lambang bilangan 1-10?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik TK Negeri Pembina Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sejumlah 26 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru.
Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa dengan menggunakan media kaleng hitung dianggap sesuai dengan tujuan kegiatan pengembangan dan memberikan motivasi serta evaluasi terhadap hasil belajar anak dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10. Dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus diperoleh data hasil analisis penggunaan metode pemberian tugas dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada siklus I mencapai 51,92% dan mengalami peningkatan pada Siklus II mencapai 60,58%, pada Siklus III mencapai tingkat keberhasilan 80,77%.
Simpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis data yang peneliti peroleh dari anak Kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, bahwa penerapan strategi pembelajaran bermain dengan menggunakan media kaleng hitung dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Guru hendaknya menerapkan media kaleng hitung sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar anak.