MENGEMBANGKAN SIKAP KERJASAMA MELALUI METODE BERMAIN MENGGIRING AIR PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM AL - FALAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2013 / 2014


Author (Penulis)

ALIP PUJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0513P

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada anak didik kelompok A di TK Islam Al-Falah Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam hal ketrampilan sosial dalam bekerjasama masih rendah. Akibatnya anak kurang mampu bekerjasama dengan baik. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah Metode Bermain Menggiring Air dapat diterapkan untuk mengembangkan Kemampuan kerjasama anak kelompok A TK Islam Al-Falah Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014 ?”. Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Islam Al-Falah Pesantren Kota Kediri ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM dan RKH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 45 % dan pada siklus II meningkat menjadi 67,5 % sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 80 %. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode bermain menggiring air dapat mengembangkan ketrampilan sosial dalam kerjasama anak didik kelompok A di TK Islam Al-Falah Pesantren. Guru hendaknya menggunakan metode bermain sebagai alternaif untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI