PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA MOBIL PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A2 TK KUSUMA MULIA KAPUREJO KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

JAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0509

Abstract

ABSTRAK Jami: PeningkatanKemampuanKognitifMengenalLambangBilanganMelalui Media Mobil PintarpadaAnakKelompok A2 TKKusumaMuliaKapurejoKecamatanPaguKabupaten KediriTahun Ajaran 2015/2016,PendidikanGuru PendidikanAnakUsiaDini, FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitas Nusantara PGRI Kediri, Tahun2016. Kata kunci:kemampuanmengenal lambang bilangan, media mobil pintar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kognitif di Kelompok TK A yaitu kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan, menghubungkan lambang bilangan dan menyebut-kan lambang bilangan masih sangat kurang. Faktor penyebabnya adalah rendahnya minat anak karena kurangnya media yang menarik sehingga anak tidak dapat tenggelam dalam materi yang disampaikan. Selain itu, tidak ada dukungan dari orangtua untuk merangsang minat anak di rumah sehingga orangtua hanya menyerahkan pendidikan anak kepada guru di sekolah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media mobil pintar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan anak Kelompok TK A? Penelitianinimenggunakanpendekatan PenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitiananakKelompok A2TK MuliaKapurejoKecamatanPaguKabupaten Kediri TahunPelajaran 2015/2016, yang berjumlah20anak. Penelitianinidilaksanakandalamtigasiklusdenganprosedurumumyang meliputi: (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan. (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Instrumenyangdigunakanadalah RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Anak yang tuntas belajar dalam siklus I mencapai 30%, siklus II mencapai50%, dansiklus III mencapai80%.Kesimpulanhasilpenelitianiniadalah penggunaan media mobil pintar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A2 TK KusumaMuliaKapurejoKecamatanPaguKabupaten Kediri TahunPelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada: guru, yaitu pembangunan kemampuan kognitif, apa yang sudah peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan; dan kepala TK, mengingat mobil pintar terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan , hendaknya kepala TK menambah/melengkapi media mobil pintar untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI