PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MENGGUNAKAN MEDIA TANGGA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN BUNGA MULIA KAPUREJO KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

QONI'AT UNIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0507

Abstract

ABSTRAK QONI’ATUNIZAH,Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Menggunakan Media Tangga Pintar Pada Anak Kelompok Bermain Bunga Mulia Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi,Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, Tahun 2016. Kata kunci :kemampuan mengenal warna, media tangga pintar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kognitif di Kelompok Bermain Bunga Mulia Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu kemampuan anak dalam mengenal warna, menghubungkan gambar dan menyebutkan warna sederhana yang sesuai masih sangat kurang. Faktor penyebabnya adalah rendahnya minat anak karena kurangnya media yang menarik sehingga anak tidak dapat tenggelam dalam materi yang disampaikan. Selain itu, tidak ada dukungan dari orangtua untuk merangsang minat anak di rumah sehingga orangtua hanya menyerahkan pendidikan anak kepada guru di sekolah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media tangga pintar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna anak Kelompok Bermain Bunga Mulia Kapurejo Pagu Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok Bermain Bunga Mulia Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur umum yang meliputi: (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan. (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Instrumen yangdigunakan adalah RPPM, RPPH, lembar penilaian anak dan lembar observasi untuk pendidik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media tangga pintar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenl warna pada anak Kelompok Bermain Bunga Mulia Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Terlihat dari prosentase rata-rata kemampuan anak yang tuntas belajar dalam siklus I mencapai45%, siklus II mencapai65%, dan siklus III mencapai85%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan hendaknya pihak sekolah menyediakan media pembelajaran pendukung yang beragam sehingga dapat mengembangkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, orang tua hendaknya lebih memotivasi, mendukung dan memfasilitasi anak dalam pembelajaran mengenal warna baik disekolah maupun dirumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI