MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B TK IT BINA INSANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ERNAWATI RISKA NINDIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0503P

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang berkaitan dengan kompetensi sosial anak di kelompok B TK IT Bina Insani Mojoroto seperti anak belum mau berbagi, belum mau mengucapkan salam, belum mau menawarkan bantuan, dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut menuntut perlunya suatu solusi baik berupa pendekatan, metode atau model pembelajaran untuk menanganinya. Pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran melalui metode proyek. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah yaitu : Apakah melalui penerapan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan social emosional anak usia dini pada kelompok B di TK IT Bina Insani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran melalui penerapan metode proyek dalam meningkatkan kompetensi sosial emosional anak kelompok B TK IT Bina Insani Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas pada anak kelompok B TK IT Bina Insani Mojoroto Kota Kediri sebanyak 26 anak didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Kondisi awal kompetensi sosial emosional anak kelompok B di TK IT Bina Insani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri masih belum terstimulasi secara maksimal, dengan persentase kategori kurang sebesar 71%, kategori cukup 19%, dan kategori berkembang baik 10%, namun setelah penerapan metode proyek kompetensi sosial emosional anak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Persentase kompetensi sosial emosional yang berada dalam kategori kurang sebesar 0%, kategori cukup sebesar 39%, dan berkembang baik sebesar 61%, sehingga hipotesis diterima. Rekomendasi yang diberikan untuk pendidik anak usia dini yaitu metode proyek ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untu meningkatkan kompetensi sosial emosional anak. Pendidik dapat mengoptimalkan penerapan metode proyek dengan memilih topik yang menarik bagi anak dan memaksimalkan media yang mudah diperoleh dalam penerapan metode proyek tersebut misalnya dengan menggunakan bahan alam atau barang bekas.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI