MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MENYENTUH HURUF PADA ANAK KELOMPOK A1 TK KUSUMA MULIA DESA PAGU KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI HALIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0501P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan di TK Kusuma Mulia Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri terbukti dari buku membaca 20 anak , 13 anak mendapat nilai bintang 1, 4 anak mendapat nilai bintang 2, dan 3 anak mendapat nilai bintang 3 . Hal ini terjadi karena cara guru mengenalkan huruf pada anak langsung menyebutkan bunyi huruf sambil menunjuk huruf yang ada pada buku membaca kemudian menyuruh anak didik untuk menirukan kembali, sehingga cara pengucapannya juga kurang jelas, anak kurang bisa membedakan bentuk huruf sehingga sulit menanamkan konsep kata pada anak.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan permainan menyentuh huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatanPenelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan subjek anak – anak kelompok A1 TK Kusuma Mulia Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, dan menggunakan instrumen pedoman / rubrik unjuk kerja.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan permainan menyentuh huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf Anak Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini , maka tujuan pokok melakukan tindakan berupa permainan menyentuh huruf dalam pembelajaran adalah sebagai upaya meningkatkan kualitas kemampuan mengenal huruf anak Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.