MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


Author (Penulis)

NASIATUN NASIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0498P

Abstract

Pengembangan kemampuan berbicara di TK/RA bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, kemampuan anak untuk dapat berbicara dengan baik, melaksanakan tiga perintah lisan secara baik, menceritakan kembali cerita sederhana. Untuk itu perkembangan berbicara anak perlu di kembangkan secara maksimal agar perkembangan anak tidak terhambat pada waktunya nanti, akan tetapi berdasarkan observasi di TK B ABA Kecamatan Ngasem Kabupaten kediri ternyata kemampuan berbicara anak masih relatif rendah. Oleh karena itu penelititertarik mengadakan penelitian dengan judul “ Meingkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK ABA Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.” Subyek dalam penelitian ini adalak anak kelompok B TK ABA Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Penelitian ini di laksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakn diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak dari siklus I , siklus II dan tindakan siklus III. Dengan adanya peningkatan kemampuan berbicara dapat di simpulkan bahwa penelitian ini berahasil dengan baik, serta hipotesis d alam penelitian ini dapat di terima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI