MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENIRU LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MENARA BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA SOBO NAMBAAN KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Author (Penulis)
LELY INDARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0497P
Abstract
Pembelajaran di kelas dengan suasana yang masih monoton, klasikal yang didominasi peran guru dalam pembelajaran mengakibatkan beberapa lingkup perkembangan yang harusnya dapat dikuasai anak, masih belum berkembang sesuai harapan, salah satunya dalam hal meniru lambang bilangan 1-10.
permasalahan yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut, apakahpenggunaan media menara bilangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan meniru lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK ABA Sobo Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tndakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK ABA Sobo Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dlam tiga siklus, menggunakan instrumen penelitian berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar kegiatan pemberian tugas, lembar observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung, rubrik penilaian unjuk kerja.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media menara bilangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan meniru lambang bilangan 1-10 anak kelompok A TK ABA Sobo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013-2014.
Berdasarkan simpulan penelitian ini direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan menara bilangan adalah untuk meningkatkan kemampuan anak meniru lambang bilangan 1-10. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah penggunaan media menara bilangan sesuai dengan seluruh karakteristik siswa.