UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA KELOMPOK B DI TK ARROHMAN KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
SRILIS WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0490
Abstract
Abstrak
Srilis Wijayanti. Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Wayang Kertas Pada Kelompok B di TK Arrohman Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016
Pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di TK Arrohman Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar kurang optimal. Hal tersebut terjadi karena kegiatan yang diberikan kurang bervariasi, tidak menggunakan media yang menarik dan menggunakan strategi yang kurang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah metode bercerita dengan media wayang kertas dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok B di TK Arrohman Kanigoro ?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak TK kelompok B TK Arrohman Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument RPP, lembar obsevasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pada pra tindakan prosentase anak masih 20%. (2) Siklus I kemampuan berbicara anak mencapai 32%. Pada tindakan siklus II kemampuan berbicara anak mencapai 64%. (3) Siklus III kemampuan berbicara anak sebesar 92%. (4) Kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan sebesar 28% pada siklus III. Dengan demikian, penerapan pembelajaran melalui media wayang kertas dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dan hipotesis diterima.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita, media wayang kertas.