MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENYUSUN DADU HURUF DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA CAMPUREJO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MEILINDA ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0483

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah : “meningkatkan kemampuan membaca melalui kegiatan bermain menyusun dadu huruf kelompok B TK Dharma Wanita Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri”. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui kegiatan bermain menyusun dadu huruf. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Hasil analisa data menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan Pembelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumusakan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media pembelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, dan menyiapkan alat penilaian rencana pembelajaran. 2) langkah pembelajaran antara lain : melakukan pembelajaran, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. 3) peningkatan kemampuan dengan indikator : Mengenal keaksaraan awal melalui bermain, Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca) pada anak usia dini dengan menggunakan media dadu huruf kelompok B TK Dharma Wanita Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yaitu kemampuan membaca anak mencapai 80%. Kata Kunci Kemampuan Membaca, Media, Dadu Huruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI