MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TKDHARMA WANITA KEDAWUNG 02 KEC.NGLEGOKKABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
ENDANG KUSRINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0479
Abstract
ABSTRAK
ENDANG KUSRINI NPM. 12.1.01.11.0479 : Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bola Warna pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Kedawung 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kedawung 2 masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Kedawung 02 Kabupaten Blitar yang sejumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RKM (Rangkuman Kegiatan Mingguan), RKH (Rangkuman Kegiatan Harian), lembar unjuk kerja aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru.
Hasil penelitian tindakan pada anak didik mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 55% dikategorikan belum tuntas, siklus II mencapai 86,66% di kategorikan tuntas
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran permainan bola warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan menggunakan media yang bermacam – macam bagi anak sehingga anak belajar melalui kegiatan permainan dengan menyenangkan.
Di rekomendasikan bagi peneliti lain, penelitian ini di harapkan dapat mmberi pemahaman tentang peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini
Kata kunci : kognitif, permainan bola warna, anak usia dini