MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN BAK PASIR BERANGKA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN A PAUD THE MOSLEM OF DAYCARE SAHABAT BUNDA KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

DIELLA NOVITTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0478

Abstract

Abstrak DIELLA NOVITTA: Mengembangkan kemampuan mengenal angka 1 – 10 melalui permainan bak pasir berangka pada anak kelompok bermain A PAUD The Moslem of Daycare Sahabat Bunda Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015 – 2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran masih sering menggunakan metode ceramah sehingga anak hanya berada dalam ruangan tanpa menikmati lingkungan sekitar sebagai sarana belajar berpikir mereka. Sehingga anak jenuh dengan pembelajaran yang berakibat anak tidak aktif belajar, bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran bidang pengembangan kognitif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Rendahnya kemampuan mengenal angka pada anak kelompok bermain A. (2) Rendahnya kreativitas guru dalam melakukan kegiatan mengenal angka pada anak kelompok bermain A. (3) perlunya media kreatif yaitu bak pasir berangka untuk mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok bermain A. Penelitian ini menggunakanpendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok bermain A PAUD The Moslem of Daycare Sahabat Bunda Kabupaten Tulungagung semester II Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrument Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kegiatan mengenal angka dengan menggunakan media permainan bak pasir berangka memiliki dampak positif dengan meningkatnya kemampuan mengenal angka 1 – 10 pada anak kelompok bermain A PAUD The Moslem of Daycare Sahabat Bunda Kabupaten Tulungagung. (2) Permainan bak pasir berangka menunjukkan peningkatan kreatifitas pembelajaran mengenal angka. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Kegiatan pembelajaran mengenal angka tidak selalu dilakukan di dalam kelas melainkan bisa dilakukana di luar kelas dengan suasana belajar yang mengasyikkan. (2) Bagi kepala sekolah dalam penyusunan program pembelajaran media permainan bak pasir berangka dapat dijadikan media peningkatan pengembangan kognitif anak didik. (3) Bagi guru media permainan bak pasir berangka dapat membantu guru dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok bermain A PAUD The Moslem of Daycare Sahabat Bunda melalui permainan bak pasir berangka. Kata kunci: permainan bak pasir berangka, kemampuan mengenal angka 1 - 10

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI