MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN PERMAINAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KREATIF ZAID BIN TSABIT NGLEGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
NI\'MATUL FAUZIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0476
Abstract
Abstrak
FAUZIYAH AN-NI’MA: Mengembangkan Kemampuan Berbicara Dengan Permainan Panggung Boneka Pada Anak Kelompok A di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi, PG-PAUD. FKIP UN PGRI Kediri 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran dalam kemampuan berbicara di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit masih kurang. Dikarenakan guru kurang menguasai teknik pmbelajaran yang menarik dan fariatif dalam menigkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini, Akibatnya anak kurang memahami pelajaran yang telah disampaikan gurunya, akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan Penelitian ini adalah (1) Bagimanakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan Permainan Panggung Boneka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan motifasi belajar siswa (2) Apakah penerapan pembelajaran dengan mengunakan Permainan Panggung Boneka dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Kreatif Zaid Bin Tsabit Nglegok – Blitar. Penelitian dilaksanakan pada 3 siklus, menggunakan instrument data lembar observasi anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan memberikan motivasi serta hasil belajar siswa.. (2) Melalui siklus tindakan kemampuan berbicara dengan menggunakan Permainan Panggung Boneka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan pokok penggunaan pembelajaran dengan menggunakan Permainan Panggung Boneka adalah untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana di kelas. Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran dengan menggunakan permainan Panggung Boneka sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.
Kata Kunci: Mengembangkan Kemampuan Berbicara dengan Permainan Panggung Boneka.