MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEROBEK KERTAS BERPOLA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD 'AISYIYAH II NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

PRATIWI DIAN AFRINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0475

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada anakusia 3-4 tahun di PAUD Aisyiyah II Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih banyak yang belum mampu dan kurang aktif dalam pengembangan fisik motorik halus. Hal ini dikarenakan kurang variatifnya metode, media serta model permainan yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus. Akibatnya anak mudah merasa bosan bahkan tidak mau melakukan kegiatan pengembangan motorik halus. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan kegiatan merobek kertas berpola dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PAUD Aisyiyah II Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 3-4 tahun di PAUD Aisyiyah II Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap antara lain a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan dan d) Observasi, dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran harian, lembar hasil karya anak dan lembar observasi proses belajar pembelajaran. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan kegiatan merobek kertas berpola dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Aisyiyah II Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan : 1) Proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus hendaknya menggunakan permainan yang lebih menarik sehingga meningkatkan ketertarikan anak dalam belajar. 2) Orang tua juga harus turut serta mengaembangkan kemampuan anak ketika berada di rumah. Pemanfaatan bahan-bahan dilingkungan sekitar untuk dijadikan media dan permainan yang kreatif, inovatif dan menyenangkan untuk anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI