MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR KOGNITIF MENYEBUTKAN HASIL PENJUMLAHAN MELALUI PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II BANGKOK KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


Author (Penulis)

SISTRIANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0473P

Abstract

Kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan merupakan salah satu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar kognitif di masa tahapan awal perkembangan anak-anak. Berdasarkan observasi awal pemelajaran kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan anak kelompok A TK’Aisyiyah II Gurah ternyata masih kurang. Oleh karena itu peneliti mengambil judul Meningkatkan Kemampuan Dasar Kognitif Menyebutkan Hasil Penjumlahan Melalui Papan Flanel Pada Anak Kelompok A Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013 / 2014 Subyek penelitian adalah anak Kelompok A Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang berjumlah 20 anak Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas.. Penelitian ini terbatas pada kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan, kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Penilaian, adalah Lembar Kerja Siswa (LKS), Hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil lembar kerja siswa pada Kelompok A TK ‘Aisyiyah II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.dari siklus I, siklus II sampai siklus III terjadi peningkatan kemampuan belajar dalam Menyebutkan Hasil Penjumlahan Dari penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan media papan flanel mempunyai pengaruh positif pada anak yaitu meningkatnya motivasi belajar anak yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil hasil belajar khususnya dalam menyebutkan hasil penjumlahan,dengan demikian maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI