MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA WANITA PERSATUAN SUMBERDADAP KECAMATAN PUCANGLABAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0472

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan mengenal angka pada anak-anak di TK Dharma Wanita Persatuan pada tahun ajaran 2015/2016 kurang. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan anak mengenal sebelum diterapkan permainan berhitung? (2) Bagaimana penerapan permainan berhitung kartu angka? (3) Bagaimana kemampuan anak dalam mengenal angka setelah diterapkan permainan berhitung kartu angka?. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah 30 anak Kelompok B1 TK Dharma Wanita Persatuan Sumberdadap. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam mengenal lambang lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan (1) kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Sumberdadap sebelum diterapkan permainan berhitung rendah yakni 55,5% (2) Langkah-langkah kegiatan bermain kartu angka adalah guru mempersiapkan kartu angka dan mendemonstrasikannya. Anak diminta untuk bermain mengurutkan kartu angka. Guru meminta anak untuk menulis lambang bilangan 1-10, guru meminta anak menunjuk lambang bilangan 1-10 dengan bilangannya pada kartu angka dan berikutnya anak menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda (stik es krim, dan kelereng) sesuai dengan lambang bilangan pada kartu angka (3) Melalui kegiatan bermain kartu angka kemampaun anak dalam mengenal angka dapat ditingkatkan dari persentase 55,55% pada pra tindakan meningkat menjadi 90,5%% setelah adanya tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan permainan berhitung dapat meningkatkan kemampauan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma wanita Persatuan Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung tahun 2015/2016

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI