MENGEMBANGKAN KETERAMPILANMOTORIK HALUS MELALUIKEGIATAN MENJAHIT DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK ATK AL-HIDAYAH BAKTI I TULUNGREJOKECAMATAN PAREKABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
TITIN HERNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0471
Abstract
ABSTRAK
TitinHernawati:“Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Dengan Berbagai Media Pada Anak Kelompok A TK Al-Hidayah Bakti I Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016“, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNPGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwaketerampilanmotorikhalusanakdidik sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum berkembang pada aspek pengembangan motorik halus.Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan menjahit dengan berbagai media dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada anakKelompok A TK Al-HidayahBakti I TulungrejoKecamatan Pare Kabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016?”Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok Ayang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak.Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan kegiatan menjahit dengan berbagai media dapat mengembangkan keterampilan pada anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran sebelem dan sesudah penerapankegiatan menjahit dengan berbagai media dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 45 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 65 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 90 % yang dikategorikan baik melebih target ketuntasan yang telah ditetapkan sebesar 75 %.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan menjahit dengan berbagai media dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada anakKelompok A TK Al-HidayahBakti I TulungrejoKecamatan Pare Kabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.