MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN PAUD BEN‘ALIM DESA BENDOSARI KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

ENDANG WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0465

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemandirian anak di Paud Ben ‘Alim desa Bendosari kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar karena beberapa faktor,yaitu media pembelajaran yang kurang menarik,proses belajar dikelas belum berjalan maksimal dan peran orang tua yang belum bisa meninggalkan anaknya waktu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan metode bermain peran pada kelompok bermain Paud Ben ‘Alim desa Bendosari kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah dengan bermain peran,subyek yang diteliti adalah anak kelompok bermain. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari dokumen atau catatan hasil observasi pendidik sebelum dilakukan tindakan. Observasi dilakukan oleh peneliti karena untuk mengamati sejauh mana anak mampu bermain peran dengan teman-temannya dan untuk mengamati kemandirian anak dalam belajar tanpa didampingi oleh orang tuanya. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Aspek yang diteliti pada penelitian ini adalah kemandirian anak dan ketepatan anak dalam bermain peran. Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus tersebut diperoleh data nilai rata-rata peningkatan kemandirian anak pada siklus I sebanyak 42,5%, pada siklus II sebanyak 61,25% dan pada siklus III sebanyak 90%. Sedangkan peningkatan anak dalam bermain peran pada siklus I sebanyak 37,5%, pada siklus II sebanyak 65% dan pada siklus III sebanyak 86,25%. Dari siklus I, siklus II dan siklus III maka dapat disimpulkan adanya peningkatan perkembangan kemandirian anak pada kelompok bermain PAUD BEN ‘ALIM desa Bendosari kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan minat anak dalam belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI